GAMBARAN UMUM DESA

SELAYANG PANDANG

Desa Pohijo merupakan sebuah Desa yang bernama Pohijo yang berada diwilayah Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati Propinsi Jawa Tengah, berada di bagian Timur Kabupaten Pati, dipesisir  pantai Timur dan di kaki pegunungan Muria.

A.  LETAK GEOGRAFIS

  1. Luas wilayah

        Desa Pohijo terletak di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dengan luas wilayah 378,387 Ha yang terdiri               dari :

NO.

LAHAN

LUAS (Ha)

1

persawahan

145,628

2

tanah Kering

 

tegal

 

Permukiman

35,386

 

pekarangan

16,716

3

tambak

15,544

4

Lain lain

2,381

 

Wilayah Desa Pohijo terdiri dari dua Rukun Warga (Rw) yaitu Rw. 01 dan Rw.02, yang masing masing terdiri dari Delapan (8)  Rukun Tetangga (Rt).

     2. Batas Wilayah

Desa Pohijo mempunyai batas – batas wilayah sebagai berikut :

–          Sebelah Barat Desa Sidomukti
–          Sebelah Timur Desa Pangkalan
–          Sebelah Utara Desa Bulumanis Kidul
–          Sebelah Selatan

Desa Kertomulyo

      3. Iklim

Menurut data statistik Kabupaten pati Curah Hujan rata rata  diwilayah Desa pohijo adalah 10,02 mm dengan Jumlah Hujan enam (6) Bulan dan Kemarau Enam (6) Bulan,berdasarkan curah hujan wilayah Desa Pohijo termasuk  type iklim oldeman D2, Suhu Rata rata harian 33 oc, kelembabanudara 70% , tinggi diatas permukaan laut  4 m,warna tanah hitam/coklat/merah dan tekstur tanah lempung/pasir

B. LETAK DEMOGRAFIS DESA

  1. Penduduk Dan Mata Pencahariannya

Penduduk Desa Pohijo tahun 2019 seluruhnya berjumlah  2.784   jiwa , yang terdiri dari 1.416 jiwa penduduk laki – laki dan 1.368 jiwa penduduk perempuan. Jika di lihat berdasarkan jumlah Kepala Keluarga (KK) terdapat   941  KK , dan 731 Rumah Tangga.

Sedangkan bila ditinjau dari  mata pencaharian penduduk Desa Pohijo mayoritas sebagai petani baik sebagai petani penggarap maupun sebagai buruh tani,disamping sebagai nelayan,pengusaha,buruh industry,buruh bangunan,pedagang, Pegawai Negeri sipil.

     2. Agama

Mayoritas masyarakat Pohijo memeluk agama Islam, ini bisa di lihat dari sarana ibadah di mana-mana. Setiap RT di wilayah tersebut berdiri kokoh sebuah masjid dan Mushola sebagai pusat kegiatan umat Islam.dan beberapa warga yang menganut agama kristen dan aliran kepercayaan. Namun demikian keseharian meraka tidak membedakan agama satu dan yang lain, bahkan mereka bisa hidup bertetangga dan bertoleransi.

     3. Pendidikan

Tingkat pendidikan masyarakat Desa Pohijo tergolong cukup baik. Secara umum rata rata sudah lulus Sekolah Dasar (SD ) 9 Tahun,SLTA sederajat bahkan banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta.

Beberapa fasilitas-fasilitas pendidikanyang tersedia di desa Pohijo diantaranya Sekolah Dasar Negeri,Madrasah,Taman Kanak – kanak dan PAUD.

 

 

 

Facebook Comments