PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DENGAN PADAT KARYA TUNAI (PKT)

PKT diwilayah Rt.08 Rw.02

(POH) Padat karya tunai merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Dengan skema Padat Karya Tunai dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan upah langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Jenis Kegiatan padat karya dapat dilakukan melalui 1. Pembangunan dan/atau rehabilitasi sarana prasarana perdesaan  antara lain : perbaikan saluran sungai dan irigasi, pembangunan dan/atau perbaikan jalan dan jembatan skala Desa, tambatan perahu; 2. pemanfaatan lahan tidur untuk meningkatkan produksi pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. 3. kegiatan produktif lainnya yang memberikan nilai tambah kepada masyarakat dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya lokal yang ada dan sifatnya berkelanjutan .4. Pemberdayaan Masyarakat, antara lain: Pengelolaan sampah, Pengelolaan limbah, Pengelolaan lingkungan pemukiman, Pengembangan energi terbarukan, Penyediaan dan pendistribusian makanan tambahan bagi anak (bayi dan balita).

pemberian upah peserta PKT langsung tunai

Kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) Desa Pohijo Kec. Margoyoso Kab. Pati bersumber dari Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020 dilaksanakan dalam 3 Tahap yaitu Tahap pertama,dilaksanakan pada Bulan Mei,dengan anggaran sebesar Rp.12.322.400,- digunakan untuk kegiatan kerja bakti pembersihan saluran air di lingkungan Rt.01/I sampai Rt.03/I dan Rt.02/II sampai Rt.04/II.Tahap dua dilaksanakan pada Bulan September,dengan anggaran sebesar Rp.6.484.200,- digunakan untuk kerja bakti pembersihan saluran air dilingkungan Rt.03/I sampai Rt.05/I.Tahap tiga dilaksanakan Bulan Nopember dengan anggaran sebesar Rp.24.833.600,-,digunakan untuk kegiatan kerja bakti pembersihan saluran air diwilayah Rt.05/II sampai Rt.08/II dan saluran air dari Lapangan sepak bola ketimur sampai Desa Pangkalan.

Peserta Padat Karya Tunai berasal dari masyarakat Desa Pohijo diutamakan dari keluarga miskin,korban PHK,para pengangguran,setengah pengangguran,pekerja serabutan,kuli pertanian,para janda-janda,dan Ibu Rumah tangga.Jumlah peserta sebanyak 80 orang sampai 100 orang.Pembayaran upah dilakukan dengan sistim  upah harian langsung tunai dilokasi kegiatan.(byn)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan