GERAKAN WORLD CLEANUP DAY DI DESA POHIJO

 

POH – Gerakan World Cleanup Day (WCD) adalah salah satu gerakan sosial terbesar di dunia yang menggerakkan masyarakat di beberapa negara untuk membersihkan planet bumi dari sampah,Yang diperingati sebagai hari bersih – bersih sedunia dan diperingati setiap tanggal 21 September.

World Cleanup Day (WCD) menjadi momentum sinergi komunitas dengan instansi Pemerintah Daerah terkait, pemangku kebijakan, komunitas peduli lingkungan dan lapisan masyarakat. Seluruh pihak menjadi satu kesatuan untuk meningkatkan kesadaran dalam mengelola sampah dengan lebih bijaksana.

World Cleanup Day juga merupakan aksi yang sejalan dengan kampanye dari pemerintah Indonesia yaitu Gerakan Indonesia Bersih. Hadirnya WCD diharapkan menjadikan aksi penguat yang dapat terus membantu pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia bersih. Dalam hal ini, WCD telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan juga Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pati tanggal 15 September 2020, Nomor 660.1/2160, kegiatan WCD dilaksanakan pada Hari Sabtu tanggal 19 September 2020 diwilayah desa masing masing secara serentak melakukan Kerja Bhakti,dan mendokumentasikan kegiatan dengan foto kegiatan,jumlah yang hadir dan berat sampah yang terkumpul.

Pelaksanaan kegiatan WCD di desa Pohijo dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 19 September 2020 pukul 06.00 – 09.00 WIB.dengan melaksanakan kegiatan bersih-bersih dan Kerja Bhakti dilingkungan Kantor Pemdes ,lingkungan RT/RW dan lingkungan kampung KB.(Byn)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan